Ulasan Film : 3 Idiots

Untuk para penggemar film India, sepertinya 3 Idiots bukan lagi film asing di telinga Anda. Film satu ini memiliki genre yang lucu dan penuh akan makna mendalam. Mengisahkan tentang Rancho, Raju, dan Farhan, 3 orang sahabat yang kuliah di Imperial College of Engineering. Kampus ini merupakan kampus ternama yang hanya menerima orang – orang tertentu.

Sebenarnya kisah yang diambil oleh film ini cukup sederhana dengan alur yang maju mudur. Kisah dimulai saat Farhan yang mendapatkan telepon mendadak dari teman satu kuliahnya, Chatur. Karena hal itu ia nekat sampai menghentikan pesawat yang hendak lepas landas dengan berpura – pura sakit.

Farhan menjemput temannya, Raju, di rumah dia dengan menggunakan mobil hasil bajakan. Farhan mengabarkan kalau ia mendapatkan kabar mengenai keberadaan Rancho, temannya yang sudah menghilang selama 5 tahun setelah mereka lulus kuliah. Tentunya itu membuat mereka senang.

Tetapi saat sampai di kampus, ternyata Chatur-lah yang berada di sana. Tentunya mereka berdua marah, namun Chatur memberikan kabar mengenai Rancho di Shimla. Akhirnya mereka bertiga pergi menuju Shimla, di perjalanan itu dikisahkan awal mula pertemuan mereka dengan Rancho.

Rancho, atau nama lengkapnya Ranchoddas Shamaldas Chanchad. Ia merupakan anak yang cerdas luar biasa, tetapi suka berfikir berbeda dari yang lainnya. Mereka bertia kerap kali melakukan kegilaan yang membuat mereka sering terkena masalah dengan rektor, Viru Sahasrebuddhe, atau biasa mereka panggil pak Virus.

Jika diteliti lebih dalam, sebenarnya film ini mengkritik mengenai pendidikan yang ada di dunia, khususnya di India. India merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, tetapi lebih dari 40% penduduknya hidup dengan penghasilan rendah. Banyak orang India yang ahli dalam berbagai bidang, tetapi sekitar 40% orang di India buta huruf.

Tetapi India memiliki kelebihan dalam bidang teknik, itu membuat India sangat serius untuk menangani bidang pendidikan yang khususnya di sekolah tinggi teknik. India seakan ingin mencetak sebanyak – banyaknya tenaga ahli utama pada bidang teknik. Tetapi karena itu, mereka terkadang menekan mahasiswa terlalu keras.

Di film ini dunia pendidikan yang keras diwakilkan oleh pak Virus yang memiliki watak keras dan kompetitif, ia tidak ingin dikalahkan oleh siapapun. Ia pernah memaksa anaknya untuk masuk ke sekolah teknik yang dipimpinnya, tetapi karena tidak pernah diterima, berakhir dengan sang anak memilih bunuh diri.

Selain itu ada juga teman Rancho yang bunuh diri di kamarnya dan Raju yang mencoba bunuh diri dari lantai 3 ruangan pak Virus. Ini membuat Rancho kritis mengenai kebijakan sang rektor. Ia berusaha untuk selalu memberikan masukan kepada Virus, tetapi Virus seakan tidak begitu menanggapinya.

Hal menarik lain adalah 3 tokoh utama yang menggambarkan 3 kelas masyrarakat di India. Rancho dianggap merupakan anak kaya dan cerdas, Raju adalah perwakilan dari kelompok menengah dan menurut apa kata pemerintah (digambarkan dengan ia yang menuruti perintah orang tua yang bertentangan dengan keinginannya), dan Farhan merupakan perwakilan dari orang – orang kelas bawah. Tokoh lain yang tidak kalah memberikan kesan adalah Chatur, ia digambarkan sebagai orang yang bersedia melakukan apapun sampai keinginannya bisa tercapai. Bahkan ia tidak segan untuk menggunakan beragam cara, termasuk cara yang tidak adil sekalipun.

Film ini sangat baik untuk disaksikan, karena memiliki banyak pesan moral yang tentunya berguna untuk kita praktikkan di kehidupan. All Iz Well Everyone!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *